Kamis, 17 September 2015

Management Bandwidth Warnet

Warung Internet (disingkat: warnet) adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum. Setelah Konfigurasi koneksi mikrotik telah diselesai, maka selanjutnya adalah Management Bandwitdh


PENDIRIAN USAHA


A. Mangle

Semakin hari kebutuhan akan manajemen jaringan semakin beragam. Hal ini tidak lepas dari semakin beragam nya pula layanan internet yang ada. Dari mulai portal berita, forum, sosial media serta game online yang saat ini banyak digemari pengguna internet.


Misalnya, pada warnet atau wargame (warnet dan game online) ketika banyak yang bermain game online, traffic browsing akan terganggu. Atau bisa juga terjadi sebaliknya. Yang dimaksud game online disini adalah game yang sudah terinstall di PC, kemudian dimainkan secara online, bukan game yang disediakan oleh website-website tertentu.


Traffic browsing dan game online dapat dibedakan berdasarkan protocol dan port yang digunakan. Fitur yang dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah mangle, dimana mangle dapat digunakan untuk menandai (marking) paket data berdasarkan port, protocol, src dan dst address, serta paramater lain yang dibutuhkan.

Jika dilihat sebenarnya tipe traffic yang akan di manage bisa digolongkan menjadi 2 tipe saja, yaitu traffic game online dan traffic selain game online (browsing,chating,dsb), namun kali ini pada traffic selain game online, kasus dibawah memecah lagi traffic selain game online, menjadi IIX dan INTERNATIONAL. Maka kita bisa membuat mangle untuk game online terlebih dahulu, baru setelahnya buat untuk selain game online berdasarkan port dan protocol yang sudah di dapat sebelumnya.


B. Konfigurasi Mangle


Buka tab Mangle pada jendela Firewall untuk membuka Mangle Rule.


Setelah terbuka tab Mangle pada jendela Firewall klik icon + untuk membuka Mangle Rule.


Mangle Game Online


   Mark Connection

Pada Mangle Rule gunakan chain = prerouting (karena data match trafik melewati router (forward) sekaligus mengarah ke router (input). Src. Address = IP network. Protocol dan Dst. Port disesuaikan dengan Port Game.

Isikan mark connection pada action, karena membuat mark connection terlebih dahulu. Koneksi-Game pada new connection mark karena kita membuat koneksi untuk game, dan itu hanyalah sekedar penamaan. Ceklis pada bagian Passthrough (untuk meneruskan action agar Mangle Rule diteruskan ke Mangle Rule yang dibawahnya). 


   Mark Packet
Pada Mangle Rule gunakan chain = prerouting (karena data match trafik melewati router (forward) sekaligus mengarah ke router (input). Pada connection mark = berikan connecting yang telah dibuat saat membuat Mark Connection.

Isikan mark packet pada action, karena membuat mark connection terlebih dahulu. Koneksi-Game pada new connection mark karena kita membuat koneksi untuk game, dan itu hanyalah sekedar penamaan. Unceklis pada bagian Passthrough (agar action tidak diteruskan ke Mangle Rule yang dibawahnya). 

   Mangle Browsing
          IIX Mark Connection
Pada Mangle Rule gunakan chain = prerouting (karena data match trafik melewati router (forward) sekaligus mengarah ke router (input). Src. Address = IP network.


Pada tab Advance, Dst. Address List isikan nice (kumpulan IP Lokal)


Pada tab Action, isikan mark connection pada action, dan Koneksi-IIX pada New Connection Mark. Ceklis pada bagian Passtrough.

          IIX Mark Packet




          INTERNATIONAL Mark Connection





          INTERNATIONAL Mark Packet




0 komentar:

Posting Komentar