Kamis, 09 Oktober 2014

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia), Hak yang melekat pada diri manusia sejak manusia lahir yang tidak dapat diganggu gugat dan bersifat tetap, kita sebagai warga negara yang baik tentunya haruslah saling menghormati satu sama lain dengan tidak membeda-bedakan Ras, Agama, Golongan, Jabatan, ataupun Status Sosial.



Faktor Internal
No
Penyebab Pelanggaran Hukum
Penjelasan
1
Sikap egois
Sikap ini akan menyebabkan seseorang untuk selalu menuntut haknya, sementara kewajibannya sering terabaikan. Seseorang yang mempunyai sifat seperti ini, akan menghalalkan segla cara supaya haknya bisa terpenuhi, meski cara tersebut melanggar hak orang lain.
2
Rendahnya kesadaran HAM
Hal ini akan menyebabkan pelaku pelanggaran HAM berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain juga mempunyai hak asasi yang harus dihormati. Sikap acuh tersebut berakibat muncul perilaku atau tindakan penyimpangan terhadap hak asasi manusia.
3
Sikap tidak toleran
Sikap ini akan menyebabkan munculnya ketidak menghargai atau keberadaan orang lain. Sikap ini pada akhirnya akan mendorong orang untuk melakukan diskriminasi kepada orang lain.
4
Faktor Psikologi
Sikap ini membuat pelaku tidak sabar apa yang mereka lakukan, atau kehilangan kendali pada diri mereka.
5
Tidak memiliki rasa empati
Hal ini menyebabkan diri pelaku tidak senang membantu orang lain, tidak punya rasa kemanusiaan atau rasa peduli.



Faktor Eksternal
No
Penyebab Pelanggaran Hukum
Penjelasan
1
Penyalahgunaan kekuasaan
Di masyarakat terdapat banyak kekuasaan yang berlaku. Kekuasaan disini tidak hanya menunjuk pada kekuasaan pemerintah, tetapi juga bentuk-bentuk kekuasaan lain yang terdapat di masyarakat.
2
Ketidak tegasan aparat penegak hokum
Aparat penegak hokum yang tidak bertindak tegas terhadaps setiap pelanggaran HAM, tentu saja akan mendorong timbulnya pelanggaran HAM lainnya.
3
Penyalagunaan teknologi
Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh positif, tetapi juga dapat memberikan pengaruh negative bahkan dapat memicu timbulnya kejahatan.
4
Kesenjangan social dan ekonomi yang tinggi
Kesenjangan menggambarkan telah terjadinya ketidak seimbangan yang mencolok didalam kehidupan bermasyarakat.
5
Pengaruh dari lingkungan sekitar
Mungkin dari lingkungan yang tidak sehat, kita yang awalnya baik baik saja bisa saja ikut terjerumus melakukan pelanggaran hokum.



0 komentar:

Posting Komentar